Kamis, 18 Agustus 2011

model keperawatan dorothea orem


BAB I
PEMBUKAAN
1. Latar Belakang
            Keperawatan sebagai pelayanan profesional, dalam aplikasinya harus dilandasi oleh dasar keilmuan keperawatan yang kokoh. Dengan demikian perawat harus mampu berfikir logis, dan kritis dalam menelaah dan mengidentifikasi fenomena respon manusia. Banyak bentuk-bentuk pengetahuan dan ketrampilan berfikir kritis harus dilakukan pada setiap situasi klien, antara lain dengan menggunakan model-model keperawatan dalam proses keperawatan dan tiap model dapat digunakan dalam praktek keperawatan sesuai dengan kebutuhan.
            Pemilihan model keperawatan yang tepat dengan situasi klien yang spesifik, memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang variabel-variabel utama yang mempengaruhi situasi klien.
Dari beberapa model konsep, salah satu diantaranya adalah model “self care” yang diperkenalkan oleh  Dorothea E. Orem. Orem mengembangkan model konsep keperawatan ini pada awal tahun 1971 dimana dia mempublikasikannya dengan judul “Nursing Conceps of Practice Self Care”. Model ini pada awalnya berfokus pada individu kemudian edisi kedua tahun 1980 dikembangkan pada multiperson’s units (keluarga, kelompok dan komunitas) dan pada edisi ketiga sebagai lanjutan dari tiga hubungan konstruksi teori yang meliputi : teori self care, teori self care deficit dan teori nursing system.
          Sekian banyak konsep-konsep dan teori-teori dari keperawatan itu mempunyai ilmu tersendiri untuk para perawat. Maka didalam makalah ini kami akan membahas model keperawatn yang lebih spesifik lagi dari Dorothea Elizabeth Orem.





2. Rumusan Masalah
1. Siapa Dorothea Elizabeth Orem.?
2. Bagaimana konsep model keperawatan dorothea Elizabeth Orem.?
3. Apa saja model Konsep Keperawatan Orem.?
4. Apa saja teori Keperawatan Orem.?
5. Bagaimana Teori system keperawatan orem.?
6. Apa tujuan dari keperawatan model Orem.?
7. Bagaimana Aplikasi dari model keperawatan Orem.?


3. Tujuan
- Mengenal siapa Dorothea Orem
- Mengenal konsep – konsep keperawatan dorothea orem
- Mengetahui model konsep Keperawatan dari dorothe orem
- Mengetahui teori-teori keperawatan dari dorothea orem.
- Mempelajari teori system keperawatan orem
- Mengetahui tujuan dari keperawatan orem
- Mempelajari dan mengaplikasikan model keperawatn orem dalam kehidupan.











BAB II
PEMBAHASAN

1. Biografi Dorothea Elizabeth Orem.
            Dorothea Elizabeth Orem adalah salah seorang teoritis keperawatan terkemuka diAmerika. Dorothea Orem lahir di Baltimore, Maryland pada tahun 1914. Beliau wafat pada tanggal 22 Juli 2007 di Skidaway. Selama hidupnya, beliau pernah mengikuti pendidikan Diploma (1903), kemudian meanjutkan pendidikannya di Providence School of Nursing di Washington DC dan mendapatkan gelar B.S.NE, kemudian melanjutkan pendidikannya lagi di Catholic University of America di Washington DC dan mendapatkan gelar M.S.NE.
.  Ia memperoleh gelar sarjana keperawatan pada tahun 1939 dan Master Keperawatan pada tahun 1945.
Dorothea Orem adalah anggota subkomite kurikulum di Universitas Katolik. Ia mengakui kebutuhan untuk melanjutkan perkembangan konseptualisasi keperawatan. Ia pertama kali mempubilkasikan ide-idenya dalam “Keperawatan : Konsep praktik”, pada tahun 1971, yang kedua pada tahun 1980 dan yang terakhir di tahun 1995.
Tahun paling awal dalam keperawatan Dorothea Orem dihabiskan dalam praktek di Providence Hospital, Washington, DC (, 1934-1936 1942) dan St John's Hospital, Lowell, Massachusetts (1936-1937).
Setelah menerima gelar tinggi, Orem berfokus terutama pada pengajaran, penelitian, dan administrasi. Dia menjabat sebagai direktur Rumah Sakit Providence Sekolah Keperawatan di Detroit, Michigan 1945-1948, di mana ia juga mengajar ilmu biologi dan keperawatan (1939-1941).
Di Universitas Katolik Amerika, Orem menjabat sebagai Asisten Profesor (1959-1964), Associate Professor (1964-1970), dan Dekan Fakultas Keperawatan (1965-1966).
Sebagai seorang konsultan kurikulum, Orem bekerja dengan sekolah, departemen dan divisi keperawatan di universitas-universitas dan perguruan tinggi termasuk The University of Alberta, George Brown College Seni Terapan dan Teknologi, Universitas Southern Mississippi, Georgetown University, Menjelma Word College, El Paso Komunitas College, Medical College of Virginia, dan Washington Lembaga Teknis.
Dia juga menjabat sebagai konsultan kurikulum untuk Dinas Pendidikan, Amerika Serikat Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan, Praktis Perawat Bagian pada tahun 1958, 1959, dan 1960, ke Divisi Rumah Sakit dan Layanan Kelembagaan, The Indiana Negara Dewan Kesehatan dari tahun 1949 sampai 1957, dan Pusat Percobaan dan Pembangunan di Perawatan, The Johns Hopkins Hospital,, 1969-1971 dan Direktur Keperawatan, Klinik Wilmer, The JohnsHopkinsHospital,1975-1976.
Pada tahun 1971 diterbitkan Orem Perawatan: Konsep Praktek, kerja di mana dia menguraikan teori nya keperawatan, Defisit perawatan diri Teori Ilmu Keperawatan. Keberhasilan kerja ini dan teori itu menyajikan didirikan Orem sebagai seorang ahli teori terkemuka praktek keperawatan dan pendidikan.
Perawatan: Konsep Praktek sekarang dalam edisi keenam. Dia juga menjabat sebagai ketua dari Konferensi Pembangunan Keperawatan Group, dan pada tahun 1973 diedit kerja kelompok dalam buku Konsep Formalisasi di Keperawatan. Dia menulis surat-surat lainnya dan selama 1970-an dan 1980-an berbicara di berbagai konferensi dan lokakarya di seluruh dunia.
Internasional Orem Society didirikan untuk mendorong penelitian dan pengembangan lebih lanjut dari teori Orem tentang menyusui. Selama hidupnya, Dorothea Orem menerima penghargaan untuk kontribusi ke bidang keperawatan, termasuk gelar kehormatan dari Universitas Georgetown, Menjelma Word College, Illinois Wesleyan University, dan University of Missouri-Columbia. Dia dilantik menjadi American Academy of Nursing, dan menerima penghargaan dari Liga Nasional untuk Perawatan dan Sigma Theta Tau Perawatan Honor Society.

            Beberapa tahun gemilang dalam kehidupan Dorothea Orem :
a. Tahun 1958- 1959 sebagai konsultan di Departemen kesehatan pada bagian pendidikan kesejahteraan dan berpartisipasi pada proyek pelatihan keperawatan.
b. Tahun 1959 konsep perawatan Orem dipublikasikan pertama kali.
c. Tahun 1965 bergabung dengan Universitas Katolik di Amerika membentuk model teori keperawatan komunitas.
d. Tahun 1968 membentuk kelompok konferensi perkembangan keperawatan, yang menghasilkan kerja sama tentang perawatan dan disiplin keperawatan.
e. Tahun 1976 mendapat gelar Doktor Honoris Causa.
f. Tahun 1980 mendapat gelar penghargaan dari alumni Universitas Katolik Amerika tentang teori keperawatan.
g. Selanjutnya Orem mengembangkan konsep keperawatan tentang perawatan diri sendiri dan dipulikasikan dalam keperawatan (Concept of Pratice tahun 1971).
h. Tahun 1980 mempublikasikan buku kedua yang berisi tentang edisi pertama diperluas pada keluarga, kelompok dan masyarakat.
i. Tahun 1985 mempublikasikan buku kedua yang berisi tentang tiga teori, yaitu ; Theory self care, theory self care deficit, theory system keperawatan.


2. Model Konsep Keperawatan Orem.
      Model Keperawatan menurut Orem dikenal dengan Model Self Care. Model Self Care ini memberi pengertian bahwa bentuk pelayanan keperawatan dipandang dari suatu pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar dengan tujuan memperthankan kehidupan, kesehatan, kesejahteraan sesuai dengan keadaan sehat dan sakit. Model keperawatan ini berkembang sejak tahun 1959-2001.
            Keperawatan mandiri (self care) menurut Orem’s adalah :
              “Suatu pelaksanaan kegiatan yang diprakarsai dan dilakukan oleh individu itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan guna mempertahankan kehidupan, kesehatan dan kesejahteraannya sesuai keadaan, baik sehat maupun sakit” (Orem’s 1980).


      Model Self Care (perawatan diri) ini memiliki keyakinan dan nilai yang ada dalam keperawatan diantaranya dalam pelaksanaan berdasarkan tindakan atas keampuan. Self Care didasarkan atas kesengajaan serta dalam pengambilan keputusan dijadikan sebagai pedoman dalam tindakan.
            Pada dasarnya diyakini bahwa semua manusia itu mempunyai kebutuhan-kebutuhan self care dan mereka mempunyai hak untuk mendapatkan kebutuhan itu sendiri, kecuali bila tidak mampu.

              Keyakinan Orem’s tentang empat konsep utama keperawatan adalah :
                   a.  Klien                :    Individu atau kelompok yang tidak mampu secara terus menerus mempertahankan self care untuk hidup dan sehat, pemulihan dari sakit/trauma atau coping dan efeknya.
                   b.  Sehat               :    Kemampuan individu atau kelompok memenuhi tuntutan self care yang berperan untuk mempertahankan dan meningkatkan integritas struktural fungsi dan perkembangan.
                   c.  Lingkungan      :    Tatanan dimana klien tidak dapat memenuhi kebutuhan keperluan self care dan perawat termasuk di dalamnya tetapi tidak spesifik.
                   d.  Keperawatan   :    Pelayanan yang dengan sengaja dipilih atau kegiatan yang dilakukan untuk membantu individu, keluarga dan kelompok masyarakat dalam mempertahankan seft care yang mencakup integrias struktural, fungsi dan perkembangan.

            Berdasarkan keyakinan empat konsep utama diatas, Orem’s mengembangkan konsep modelnya hingga dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan.
                  

             Dalam pemahaman konsep keperawatan khususnya dalam pandangan mengenai pemenuhan kebutuhan dasar, Orem membagi dalam konsep kebutuhan dasar yang terdiri dari:
1. Air (udara): pemelihraan dalam pengambian udara.
2. Water (air): pemeliaraan pengambilan air
3. Food (makanan): pemeliharaan dalam mengkonsumsi makanan
4. Elimination (eliminasi): pemeliharaan kebutuhan proses eliminasi
5. Rest and Activity (Istirahat dan kegiatan): keseimbangan antara istirahat dan aktivitas.
6. Solitude and Social Interaction ( kesendirian dan interaksi sosial): pemeliharaan dalam keseimbangan antara kesendirian dan interaksi sosial.
7. Hazard Prevention (pencegahan risiko): kebutuhan akan pencegahan risiko pada kehidupan manusia dalam keadaan sehat .
8. Promotion of Normality

3. Teori Keperawatan Orem.
      Pandangan teori Orem dalam tatanan pelayanan keperawatan ditujukan kepada kebutuhan individu dalam melakukan tindakan keperawatan mandiri serta mengatur dalam kebutuhannya. Dalam konsep praktik keperwatan Orem mengembangkan tiga bentuk teori Self Care, di antaranya:

1. Self Care
      Teori Self Care meliputi:
 Self Care Agency: merupakan suatu kemampuan individu dalam melakukan perawatan diri sendiri, yang dapat dipengaruhi oeh usia, perkembangan, sosiokultural, kesehatan dan lain-lain.

 Theurapetic Self Care Demand: tuntutan atau permintaan dalam perawatan diri sendiri yang merupakan tindakan mandiri yang dilakukan dalam waktu tertentu untuk perawatan diri sendiri dengan menggunakan metode dan alat dalam tindakan yang tepat.

 Self Care Requisites: kebutuhan self care merupakan suatu tindakan yang ditujukan pada penyediaan dan perawatan diri sendiri yang bersifat universal dan berhubungan dengan proses kehidupan manusia serta dalam upaya mepertahankan fungsi tubuh.
Self Care Requisites terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
·         Universal self care requisite : Keperluan self care universal ada pada setiap manusia dan berkaitan dengan fungsi kemanusian dan proses kehidupan, biasanya mengacu pada kebutuhan dasar manusia. Universal self care requisite yang dimaksudkan adalah :
                        -   Pemeliharaan kecukupan intake udara
                        -   Pemeliharaan kecukupan intake cairan
                        -   Pemeliharaan kecukupan intake makanan
                        -   Pemeliharaan keseimbangan antara aktivitas dan istirahat
                        -   Pemeliharaan keseimbangan antara solitut dan interaksi sosial
                        -   Mencegah ancaman kehidupan manusia, fungsi kemanusiaan dan kesejahteraan manusia.
                        -   Persediaan asuhan yang berkaitan dengan proses-proses eleminasi dan exrement.
-          Meningkatkan fungsi human fungtioning dan perkembangan kedalam kelompok sosial sesuai dengan potensi seseorang, keterbatasan seseorang dan keinginan seseorang untuk menjadi normal.
·         Developmental self care requisite : terjadi berhubungan dengan tingkat perkembangan individu dan lingkungan dimana tempat mereka tinggal, yang berkaitan dengan perubahan hidup seseorang atau tingkat siklus kehidupan.
·         Health Deviation self care requisite : timbul karena kesehatan yang tidak sehat dan merupakan kebutuhan-kebutuhan yang menjadi nyata karena sakit atau ketidakmampuan yang menginginkan perubahan dalam perilaku self care.

2. Self Care Defisit.
            Self Care Defisit merupakan bagian penting dalam perawatan secara umum di mana segala perencanaan keperawatan diberikan pada saat perawatan dibutuhkan. Keperawatan dibutuhkan seseorang pada saat tidak mampu atau terbatas untuk melakukan self carenya secara terus menerus.
Self care defisit dapat diterapkan pada anak yang belum dewasa, atau kebutuhan yang melebihi kemampuan serta adanya perkiraan penurunan kemampuan dalam perawatan dan tuntutan dalam peningkatan self care, baik secara kualitas maupun kuantitas. Dalam pemenuhan perawatan diri sendiri serta membantu dalam proses penyelesaian masalah, Orem memiliki metode untuk proses tersebut diantaranya bertindak atau berbuat untuk orang lain, sebagai pembimbing orang lain, memberi support, meningkatkan pengembangan lingkungan untuk pengembangan pribadi serta mengajarkan atau mendidik pada orang lain.
            Inti dari teori ini menggambarkan manusia sebagai penerima perawatan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan perawatan dirinya dan memiliki berbagai keterbatasan- keterbatasan dalam mencapai taraf kesehatannya. Perawatan yang diberikan didasarkan kepada tingkat ketergantungan; yaitu ketergantungan total atau parsial. Defisit perawatan diri menjelaskan hubungan antara kemampuan seseorang dalam bertindak/beraktivitas dengan tuntutan kebutuhan tentang perawatan diri. Sehingga bila tuntutan lebih besar dari kemampuan, maka ia akan mengalami penurunan/defisit perawatan diri.


4. Teori Sistem Keperawatan
            Teori Sistem Keperawatan merupakan teori yang menguraikan secara jelas bagaimana kebutuhan perawatan diri pasien terpenuhi oleh perawat atau pasien sendiri. Dalam pandangan sistem ini, Orem memberikan identifikasi dalam sistem pelayanan keperawatan diantaranya:

 Sistem Bantuan Secara Penuh (Wholly Copensatory System ). Merupakan suatu tindakan keperawatan dengan memberikan bantuan secara penuh pada pasien dikarenakan ketidamampuan pasien dalam memenuhi tindakan perawatan secara mandiri yang memerlukan bantuan dalam pergerakan, pngontrolan,  dan ambulansi serta adanya manipulasi gerakan. Contoh: pemberian bantuan pada pasien koma.
 Sistem Bantuan Sebagian (Partially Compensatory System). Merupakan siste dalam pemberian perawatan diri sendiri secara sebagian saja dan ditujukan kepada pasien yang memerlukan bantuan secara minimal. Contoh: perawatan pada pasien post operasi abdomen di mana pasien tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan luka.
   Sistem Supportif dan Edukatif. Merupakan sistem bantuan yang diberikan pada pasien yang membutuhkan dukungan pendidikan dengan harapan pasien mampu memerlukan perawatan secara mandiri. Sistem ini dilakukan agara pasien mampu melakukan tindakan keperawatan setelah dilakukan pembelajaran. Contoh: pemberian sistem ini dapat dilakukan pada pasien yang memelukan informasi pada pengaturan kelahiran.


 4.    Tujuan Keperawatan Model Orem.
              Tujuan keperawatan pada model Orem’s secara umum adalah :

              1.  Menurunkan tuntutan self care kepada tingkat dimana klien dapat memenuhinya, ini berarti menghilangkan self care deficit.
              2.  Memungkinkan klien meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi tuntutan self care.
              3.  Memungkinkan orang yang berarti (bermakna) bagi klien untuk memberikan asuhan depenent (dependent care) jika self care tidak memungkinkan, oleh karenanya self care deficit apapun dihilangkan.
4.    Jika ketiganya diatas tidak ada yang tercapai, perawat secara langsung dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan self care klien.

            Tujuan kepewatan pada model Orem’s yang diterapkan kedalam praktek keperawatan keluarga /komunitas adalah :
              1.  Menolong klien dalam hal ini keluarga untuk keperawatan mandiri secara therapeutik.
              2.  Menolong klien bergerak kearah tindakan-tindakan asuhan mandiri
3.    Membantu anggota keluarga untuk merawat anggota keluarganya yang mengalami gangguan secara kompeten.

           Dengan demikian maka fokus asuhan keperawatan pada Model Orem’s yang diterapkan pada praktek keperawatan keluarga / komunitas adalah :
              a.  Aspek Interpersonal           :    Hubungan didalam keluarga
              b.  Aspek Sosial                       :    Hubungan keluarga dengan masyarakat di sekitarnya.
              cAspek Prosedural               :    Melatih ketrampilan dasar keluarga sehingga mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi.
              d.  Aspek Tehnis                      :    Mengajarkan kepada keluarga tentang tehnik dasar yang dilakukan dirumah, misalnya melakukan tindakan kompres secara benar.      

5.   Pengetahuan dan Ketrampilan untuk Praktek
              Perawat menolong klien untuk menemukan kebutuhan self care dengan menggunakan tiga kategori dalam system keperawatan dan melalui lima metode bantuan.

              1.  Kategoi Bantuan :
              a.  Wholly Compensatory      :    Bantuan secara  keseluruhan, dibutuhkan untuk klien yang tidak mampu mengontrol dan memantau lingkungannya dan tidak berespon terhadap rangsangan.

                   b.  Partially Compensatory     :    Bantuan sebagian, dibutuhkan bagi klien yang mengalami keterbatasan gerak karena sakit atau kecelakaan.

                   c.  Supportive Education        :    Dukungan pendidikan dibutuhkan oleh klien yang memerlukannya untuk dipelajari, agar mampu melakukan perawatan mandiri.

              2.  Metode  Bantuan
                       Perawat membantu klien dengan menggunakan sistem dan melalui lima metode bantuan yang meliputi :
                   a.  Acting atau melakukan sesuatu untuk klien
                   b.  Mengajarkan klien
                   c.  mengarahkan klien
                   d.  Mensupport klien
                   e.  Menyediakan lingkungan untuk klien agar dapat tumbuh dan berkembang.

                                    Untuk melaksanakan hal tersebut, lima area utama untuk praktek keperawatan di diskripsikan sebagai berikut :
              a.  Masuk kedalam dan memelihara hubungan perawat – klien dengan individu, keluarga atau kelompok sampai klien  dapat diizinkan pulang dari perawatan.
              b.  Menetapkan jika dan bagaimana klien dapat dibantu melalui perawatan.
              c.  Merespon keperluan klien, keinginannya dan kebutuhannya untuk kontak dengan perawat dan asisten.
              d.  Mengkoordinasikan dan mengintegrasikan keperawatan dan kehidupan sehari-hari klien, pelayanan kesehatan yang dibutuhkan atau diterima, atau pelayanan sosial dan penyuluhan yang dibutuhkan atau yang diterima.
      

5. Aplikasi Model Keperawatan Orem
      Aplikasi Model Keperawatan Orem, dapat dilihat dari contoh kasus berikut:
Kasus:
      Tn. J (50 th), didiagnosis DM tipe 2. Dia memiliki riwayat hipertensi dan dia seorang perokok berat (30 batang per hari). Perawatan yang dapat diberikan epada Tn. J berdasarkan model keperawatan Orem adalah:
1. Air (educative/supportif). Perawat harus mampu memberikan informasi tentang hubungan hipertensi dengan merokok.
2. Water (educative/supportif). Perawat harus mampu meykinkan adanya hydration-risk yang cukup dari polydipsia yang memicu hyperglycaemia (kadar gula yang tinggi dalam darah)
3. Food (partial compensatory). Perawat memberikan diet yan cocok untuk hipertensi dan diabetes, serta mengontrol gula darah setelah makan.
4. Elimination (educative/supporif). Klien membutuhkan monitoring.
5. Activity and Rest (adecative/ suportif). Perawat menginformasikan pada pasien tentang kegiatan yang cocok untuk pasien diabetes.
6. Solitude and Social Interaction (partial compensatory). Interaksi social dengan perawat dapat memberikan perubahan interaksi dan tigkah sosial.
7. Hazard Prevention (partial compensatory). Perawat memberikan pendidikan pada pasien tentang kelebihan dan kekurangan pengobatan yang akan diambil oleh pasien.
8. Promote Normality (partial compensatory). Perawat diharapkan dapat membantu pasien untuk mengembalikan pola hidup pasien, sehingga menjadi normal kembali.

BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Ø  Dorothea Elizabeth Orem adalah salah seorang teoritis keperawatan terkemuka diAmerika. Dorothea Orem lahir di Baltimore, Maryland pada tahun 1914. Beliau wafat pada tanggal 22 Juli 2007 di Skidaway.

Ø  Keperawatan mandiri (self care) menurut Orem’s adalah Suatu pelaksanaan kegiatan yang diprakarsai dan dilakukan oleh individu itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan guna mempertahankan kehidupan, kesehatan dan kesejahteraannya sesuai keadaan, baik sehat maupun sakit.

Ø  empat konsep utama keperawatan adalah :a.  Klien b.  Sehat c.  Lingkungan d. Keperawatan

Ø  Orem membagi dalam konsep kebutuhan dasar yang terdiri dari:
1. Air (udara): pemelihraan dalam pengambian udara.
2. Water (air): pemeliaraan pengambilan air
3. Food (makanan): pemeliharaan dalam mengkonsumsi makanan
4. Elimination (eliminasi): pemeliharaan kebutuhan proses eliminasi
5. Rest and Activity (Istirahat dan kegiatan): keseimbangan antara istirahat dan aktivitas.
6. Solitude and Social Interaction ( kesendirian dan interaksi sosial): pemeliharaan dalam keseimbangan antara kesendirian dan interaksi sosial.
7. Hazard Prevention (pencegahan risiko): kebutuhan akan pencegahan risiko pada kehidupan manusia dalam keadaan sehat .
8. Promotion of Normality.

Ø  Pandangan teori Orem dalam tatanan pelayanan keperawatan ditujukan kepada kebutuhan individu dalam melakukan tindakan keperawatan mandiri serta mengatur dalam kebutuhannya.

Ø  Self Care Agency: merupakan suatu kemampuan individu dalam melakukan perawatan diri sendiri, yang dapat dipengaruhi oeh usia, perkembangan, sosiokultural, kesehatan dan lain-lain.

Ø  Theurapetic Self Care Demand: tuntutan atau permintaan dalam perawatan diri sendiri yang merupakan tindakan mandiri yang dilakukan dalam waktu tertentu untuk perawatan diri sendiri dengan menggunakan metode dan alat dalam tindakan yang tepat.

Ø  Self Care Requisites: kebutuhan self care merupakan suatu tindakan yang ditujukan pada penyediaan dan perawatan diri sendiri yang bersifat universal dan berhubungan dengan proses kehidupan manusia serta dalam upaya mepertahankan fungsi tubuh. 

Ø  Self Care Defisit merupakan bagian penting dalam perawatan secara umum di mana segala perencanaan keperawatan diberikan pada saat perawatan dibutuhkan.

Ø  Orem memberikan identifikasi dalam sistem pelayanan keperawatan diantaranya:  Sistem Bantuan Secara Penuh (Wholly Copensatory System ),  Sistem Bantuan Sebagian (Partially Compensatory System).    Sistem Supportif dan Edukatif.

Ø  Tujuan keperawatan pada model Orem’s secara umum adalah :  
1. Menurunkan tuntutan self care kepada tingkat dimana klien dapat      memenuhinya, ini berarti menghilangkan self care deficit.
              2.  Memungkinkan klien meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi tuntutan self care.
              3.  Memungkinkan orang yang berarti (bermakna) bagi klien untuk memberikan asuhan depenent (dependent care) jika self care tidak memungkinkan, oleh karenanya self care deficit apapun dihilangkan.
5.    Jika ketiganya diatas tidak ada yang tercapai, perawat secara langsung dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan self care klien.


2. Saran
Dengan mengetahui model-model keperawatan yang ada diharapkan perawat bisa mengetahui metode mana yang pantas dan harus kita terapkan dalam keadaan dan situasi tertentu. Jangan sampai salah mengambil metode karena setiap situasi dan kondisi itu selalu berubah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar